Aktris Keturunan Korea yang Sukses Berkarier di Hollywood

Minggu, 27 Januari 2019 - 15:06 WIB
Aktris Keturunan Korea yang Sukses Berkarier di Hollywood
Aktris Keturunan Korea yang Sukses Berkarier di Hollywood
A A A
SANDRA Oh adalah aktris asal Kanada keturunan Korea yang sukses menempuh karier di Hollywood. Oh dikenal sebagai aktris keturunan Asia yang banyak meraih prestasi. Perempuan bernama lengkap Sandra Miju Oh ini lahir pada 20 Juli 1971 di Ottawa, Ontario, Kanada. Dia merupakan putri pasangan Oh Junsu dan Oh Young-nam.

Orang tuanya adalah imigran dari Korea Selatan yang datang ke Kanada pada tahun 1960-an. Orang tua Oh memasukkannya ke kelas balet pada usia 4 tahun. Namun, karena inilah, Oh justru jatuh cinta dengan dunia peran.

“Saya menyukai balet, tapi saya sadar saya tidak dapat menjadi penari balet yang profesional,” ujar Oh, seperti dilansir dari Dailymail.co.uk. Pada usia 10 tahun, Oh tampil dalam drama pertamanya, The Canada Goose, dan pada usia 15, dia mulai sering muncul di sejumlah televisi nasional, teater, dan pertunjukan komersial.

Oh bersekolah di SMA Sir Robert Borden di distrik Nepean, Ottawa, Ontario. Dia sangat aktif di sekolah menengah, menyumbangkan kuota yang signifikan dalam bidang musik, drama, dan kegiatan politik sekolah. “Saya bergabung dengan klub drama sekolah dan ingin mendalami seni peran,” ujar Oh.

Namun, kecintaan Oh pada seni peran sempat mendapat penolakan dari kedua orang tuanya. Kepada Vanity Fair, sang aktris bercerita tentang perjuangannya meyakinkan kedua orang tuanya untuk merestui pilihan kariernya.

Hal ini karena keluarga Oh menjunjung pendidikan tinggi. “Orang Korea sangatlah ambisius,” ujar Oh. Oh pun kemudian mengatakan kepada orang tuanya, jika dia tidak sukses di industri film, dia akan kembali sekolah sesuai keinginan orang tuanya.

Hal inilah yang membuat Oh serius terjun dalam dunia akting. Dia bahkan menolak beasiswa empat tahun untuk belajar jurnalisme di Universitas Carleton. Sebagai gantinya, ia melanjutkan ke Sekolah Teater Nasional Kanada di Montreal dan mengurus biaya kuliahnya sendiri.

Dia lulus pada tahun 1993 yang merupakan tahun kariernya secara resmi. Setelah lulus, Oh mendapat tawaran untuk tampil di Oleanna, sebuah drama panggung. Selanjutnya, ia tampil dalam beberapa film biografi sebelum membuat debut filmnya dengan film Double Happiness pada tahun 1994.

Setelah penampilan yang mengesankan dalam film, Oh kemudian membintangi film The Waking the Dead, Bean, Last Night, Long Life, dan Happiness & Prosperity. Dia juga muncul dalam komedi Big Fat Liar.

Mengalahkan seribu pesaing lainnya, Oh terpilih sebagai bintang utama film The Diary of Evelyn Lau. Sejak saat itu, karier aktingnya melaju mulus. Nama Oh mulai diperhitungkan sejak kemunculannya di serial televisi Grey’s Anatomy sebagai Christina Yang. Lewat perannya di Grey’s Anatomy itu, Oh berhasil membawa pulang berbagai penghargaan dari Golden Globes Awards dan Screen Guilt Awards.

Selama lima tahun berturut-turut, peran ini juga mengantarkan namanya masuk dalam nominasi Outstanding Supporting Actress in Drama Series penghargaan Emmy Awards. Namun, Sandra belum berhasil membawa pulang satu pun Piala Emmys.

Pada tahun 2013 Oh secara resmi mengumumkan bahwa dia meninggalkan Grey’s Anatomy pada akhir musim kesepuluh. Oh keluar dari seri dengan final musim 10. Meski demikian, dia tetap konsisten berkiprah di seni peran.

Oh berhasil membuktikan diri sebagai aktris bertalenta lewat Piala Golden Globes 2019 yang ia terima. Perempuan 47 tahun ini menyabet piala pemenang Golden Globe Awards 2019 untuk kategori penampilan terbaik sebagai artis serial drama.

Media-media internasional kini banyak menyoroti pemeran Eve Polastri dalam serial Killing Eve itu. Oh, yang berkebangsaan Kanada, menjadi perempuan keturunan Asia pertama yang mengantongi banyak piala di Golden Globe Awards sepanjang sejarah penghargaan ini.

Oh pun menjadi perempuan Asia pertama yang menjadi pembawa acara dari penghargaan bergengsi di dunia perfilman itu. Bagi Oh, penghargaan ini merupakan awal dari realisasi konsep keberagaman di industri perfilman Hollywood.

“Saya ingin berdiri di hadapan penonton dan menyaksikan momen perubahan. Saya tidak membohongi diri sendiri, saya tidak membohongi diri sendiri. Tahun depan bisa jadi berbeda, mungkin saja. Tapi saat ini, momen ini sungguh nyata,” ujar Oh.

Selama 25 tahun berjuang di industri Hollywood, Oh telah bermain di puluhan judul film dan serial televisi. Dia membintangi 48 judul film dan 30 serial televisi. Dia juga berhasil memenangi 11 penghargaan dari 24 nominasi penghargaan seni peran bergengsi.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5556 seconds (0.1#10.140)